7 Alasan Pentingnya Sertifikasi HRD untuk Praktisi HR

Lingkungan bisnis yang dinamis dan semakin berkembang menyebabkan tantangan di bidang HR menjadi semakin kompleks.

Upaya untuk memastikan agar peran praktisi HR sebagai peran strategis perusahaan dapat optimal untuk beradaptasi ditengah situasi tersebut, menjadi suatu hal yang penting bagi seorang praktisi HR memiliki kualifikasi yang sesuai dengan standar kerja dan teruji kredibilitasnya. Pemerintah pun mengambil tindakan serius dalam menghadapi keadaan tersebut, yang tercermin dalam perumusan dan penetapan kebijakan-kebijakan di bidang MSDM, guna mendukung peningkatan kompetensi praktisi HR semakin unggul. Oleh karena itu, disarankan bagi praktisi HR untuk mengikuti sertifikasi HRD.

 

Terdapat sejumlah alasan yang kuat mengapa sertifikasi HRD menjadi hal yang penting dilaksanakan oleh para praktisi HR, diantaranya yaitu:          

  1. Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 115 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia. Penetapan keputusan tersebut menunjukan keseriusan Menteri Ketenagakerjaan dalam mendukung rekognisi kompetensi tenaga kerja di bidang manajemen sumber daya manusia.
  2. Mendapat pengakuan secara nasional bahwa kompetensi yang dimiliki telah sesuai dengan SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia).
  3. Poin tambahan dalam mendukung jenjang karier dan promosi di tempat kerja. Hal tersebut dikarenakan seseorang yang mendapatkan sertifikasi HRD dapat memenuhi kualifikasi untuk jabatan yang tinggi karena adanya peningkatan value atau nilai bagi seorang praktisi HR. Seseorang yang memiliki sertifikasi yang telah diakui secara nasional seringkali diutamakan oleh banyak perusahaan karena menandakan tingkat kualifikasi yang lebih kompeten dan dapat menjadi suatu nilai keunggulan bersaing.
  4. Menambah pengetahuan terbaru sesuai dengan pembaharuan pengetahuan dan tren masa kini dalam dunia bisnis. Hal tersebut bertujuan agar praktisi HR mampu menghadapi tantangan bisnis yang diakibatkan oleh perubahan yang ada sehingga praktisi HR tetap memiliki nilai saing dan tetap unggul. Pada proses sertifikasi HRD, peserta pelatihan akan dibekali pengetahuan sesuai SKKNI dan tren bisnis masa kini pada kegiatan pelatihan HRD sehingga mampu menunjang peserta sertifikasi menambah pengetahuan dan pemahaman praktis. Selain itu, seorang praktisi HR yang mampu mendapatkan sertifikasi HRD dapat mencerminkan sebagai seorang yang memiliki komitmen untuk terus melakukan pengembangan diri dan peningkatan secara terus-menerus sehingga dapat meningkatkan kepercayaan dalam hubungan profesional.
  5. Meningkatkan produktivitas dan daya saing tenaga kerja bidang HR, melalui sertifikasi HRD mendukung peningkatan kompetensi yang dapat meningkatkan produktivitas dalam bekerja serta meningkatkan daya saing tenaga kerja di bidang HR sehingga kualitas-kualitas tenaga kerja semakin meningkat.
  6. Memastikan tersedianya tenaga kerja kompeten bidang manajemen sumber daya manusia di perusahaan. Seorang praktisi HR yang telah memiliki sertifikasi HRD terlebih tersertifikasi BNSP maka telah teruji secara nasional kompetensi nya telah sesuai dengan SKKNI dan dinyatakan sebagai seorang yang kompeten di bidang MSDM. Proses dalam memperoleh sertifikasi melibatkan uji kompetensi sehingga dapat memastikan bahwa pemegang sertifikasi tersebut memiliki kompeten yang relevan dan terbaharukan.
  7. Alat memperluas jaringan profesional. Pemegang sertifikasi HRD umumnya terhubung dalam komunitas pengembangan SDM. Hal tersebut membuka peluang untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman, ide, dan tren terkini di bidang MSDM. 

Berdasarkan pemaparan terkait pentingnya sertifikasi HRD menunjukan bahwa sertifikasi HRD menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kompetensi, daya saing, dan memperkuat profesionalisme.

Berikut merupakan beberapa rekomendasi program sertifikasi HRD BNSP:

  1. Certified HC Officer (CHCO) Sertifikasi HRD ini ditujukan dan direkomendasikan untuk HR/HC Staff/Staf SDM serta Fresh Graduate dan mahasiswa tingkat akhir yang ingin berkarier dibidang HR/HC/SDM.
  2. Certified Recruitment & Selection Officer (CRSO) Direkomendasikan bagi HR/HC Staff/Staf SDM, Staf Rekrutmen, Fresh Graduate dan mahasiswa yang ingin berkarir di bidang HR/HC/SDM/Rekrutmen.
  3. Certified Human Capital Supervisor (CHCS) Sertifikasi HRD ini ditujukan dan direkomendasikan untuk HR/HC Supervisor dan Kepala Bidang SDM serta praktisi HR yang akan menduduki jabatan supervisor pada jenjang karier sebagai langkah mempersiapkan diri dan memenuhi kualifikasi jabatan yang diperlukan.
  4. Certified Human Capital Manager (CHCM) Rekomendasi sertifikasi HRD untuk para HR/HC Manager atau praktisi HR yang mempertimbangkan kenaikan jabatan ke tingkat Manager. Sertifikasi ini sebagai langkah proaktif dalam mempersiapkan kompetensi dan memenuhi standar kualifikasi jabatan.
  5. Certified Human Capital General Manager (CHCGM) Sertifikasi HRD ini ditujukan dan direkomendasikan untuk HR/HC General Manager dan praktisi HR yang akan menduduki jabatan Manager pada jenjang karier untuk mempersiapkan diri dan memenuhi syarat jabatan yang
    diperlukan. 

Persiapkan diri anda untuk menjadi seorang certified human capital melalui program pelatihan berbasis kompetensi bersama Sahabat Karir Indonesia. Salam Kompeten

Referensi

Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 115 Tahun 2022 Tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi Kerja Bagi Tenaga Kerja Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia

up-event-1-2024-cbei-chco-crso-21-bnsp
up-event-1-2024_chcs-14-bnsp
up-event-1-2024_tot-ct-1
up event 1-2024_tot nct 35
up event 1-2024_chcm-23
up event 1-2024_codp 2
up event 1-2024_chcp 3
up event 1-2024_chcgm-6
up event 1-2024_cldp 1
previous arrowprevious arrow
next arrownext arrow
Ajukan Pertanyaan
1
💬 Butuh Bantuan? Silakan Chat Kami
Terimakasih telah mengakses www.sahabatkarir.com Silakan tekan tombol Ajukan Pertanyaan untuk menghubungi Admin SKI